Friday, July 13, 2012

KENAKALAN REMAJA DAN SOLUSINYA

Kenakalan remaja (Juvenile Deliquency) adalah perilaku yang menyimpang (up normal), tidak wajar dalam pandangan orang-orang baik dan bertentangan dengan norma-norma agama.

Kadangkala kita merasa heran karena kalau dilihat perilaku ini, kita biasa bertanya : apa sih untungnya mereka  menjadi nakal ?
Mengapa justru mereka memamerkan diri bahwa mereka nakal ? kan aneh, padahal perbuatan yang negatif. Mereka biasa maunya to show only. Membingungkan orang tua kadang-kadang. Diperhatikan terus, dinasehati mereka jengkel, bosan dengar nasehat, tidak dinasehati, hanya diberi uang saja, katanya : aku kurang diperhatikan orang tua. Pokoknya orang tua menjadi bulan-bulanan menghadapi remaja seperti ini.

Peningkatan kejahatan, criminal action, broken home, terlibat penyalah gunaan obat-obatan untuk para remaja. Kenakalan remaja ini diakibatkan oleh beberapa faktor, tapi kebanyakan disebabkan oleh pengaruh lingkungan dimana mereka bergaul.

The crimal attitude/ bad attitude kadang dipicu dengan sifat ingin terkenal. Tidak peduli apakah terkenal positif atau negatif, mereka tidak peduli.

Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku remaja, kurang lebihnya menurut pendapat DR Kartini Kartono adalah : 
1. Faktor dari pribadi anak hanya 25 %,
2. Faktor dari 15 % saja,
3. Faktor lingkungan 65 %.

Jalan Keluar yang harus ditempuh sebaiknya :

Solusi semua permasalahan kembali kepada pemantapan nilai-nilai reliji, iman dan takwa, rasa takut kepada Allah harus ditingkatkan, dan mengingatkan mereka dengan akibat yang ditimbulkan kalau berperilaku jahat, di dunia tidak aman, di akhirat masuk Neraka.


No comments:

Post a Comment