Monday, March 17, 2014

Kisah Malik bin Dinar
Si Penakluk Dunia, Si Pecinta Akhirat
Malik bin Dinar belajar banyak dari sahabat Nabi Saw, Anas bin Malik. Anas bukanlah sahabat biasa karena ia pernah sekian lama menjadi pembantu Rasulullah Saw dan tinggal di rumah beliau. Ajaran Anas sangat membekas pada diri Malik bin Dinar sehingga ia dikenal menjadi orang yang sangat mencintai akhirat yang paling mampu menolak godaan dunia. Siapapun orang yang sudah tertarik pada dunia dan mulai melupakan akhirat harus bisa mengambil pelajaran dari kehidupan Malik bin Dinar.
Suatu ketika Malik berdiri di samping kuburan dan memperhatikan orang yang akan dimakamkan. Saat itu ia bicara pada dirinya sendiri, "Wahai Malik, besok beginilah keadaanmu. Tidak ada sesuatu pun yang bisa menolongmu dikuburan."
Ia terus berkata begitu sampai akhirnya pingsan san tersungkur di lubang kubur karena begitu takutnya kepada Allah SWT.
Suatu hari laki-laki terkaya di kota Basrah mengutus orang kepada Malik bin Dinar agar ia mau menikahi putrinya yang cantik. Namun Malik menolak halus sambil menjawab, "Sayang sekali, sungguh aku telah menceraikan dunia dan tak lagi hirau dengan apa yang tak kudapat darinya."
Rumah Malik bin Dinar pernah didatangi seorang pencuri. Orang itu bingung karena tak ada apapun yang dapat dicurinya di rumah itu kecuali sebuah Al-Qur'an dan sehelai pakaian. Malik kemudian menegurnya, "Hai pencuri, engkau tidak akan menemukan harta di sini. Tetapi maukah engkau menerima bagian dari Akhirat?"
"Baiklah," kata si Pencuri pasrah.
"Berwudhulah dan shalat dua rakaat," nasihat Malik.
Pencuri itu melakukannya dan ia pun diajak pergi ke masjid oleh Malik bin Dinar.

No comments:

Post a Comment