Friday, July 20, 2012

AMALAN YANG AFDHAL DI BULAN ROMADHON

           Bulan Romadhon adalah Sayyidusyuhur (penghulu para bulan), kenapa demikian, karena di bulan ini dilipat gandakan semua pahala. Pahala sholat sunnah saja, dijadikan pahalanya pahala sholat wajib. Ingat bukan sholatnya yang berubah : tetap sholat sunnah tapi pahalanya yang memperoleh seperti sholat wajib. Sedangkan sholat wajib pahalanya dilipat gandakan jadi 70, 700, bahkan tak terhingga pahalanya.


كُلُّ عَمَلِ ابْنِ آدَمَ يُضَاعَفُ الْحَسَنَةُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا إِلَى سَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ. قَالَ اللهُ عَزَّ وَجَلَّ: إِلاَّ الصَّوْمَ، فَإِنَّهُ لِيْ وَأَنَا أَجْزِي بِهِ، يَدَعُ شَهْوَتَهُ وَطَعَامَهُ مِنْ أَجْلِي
Artinya :
"Setiap amalan anak cucu Adam akan dilipat gandakan pahalanya, satu kebaikan akan berlipat menjadi 10 kebaikan sampai 700 kali lipat. Allah ta'ala berfirman : Kecuali puasa, maka aku yang akan membalas orang yang menjalankannya karena dia telah meninggalkan keinginan-keinginan hawa bnafsunya dan makannya karena AKU". (Shahih, HR. Muslim)
Bulan Romadon ini bulan berkah, sebagaimana hadits nabi saw : Dari Abu Hurairah ra, ia berkata, RasuluLLAH saw memberi kabar gembira kepada para sahabatnya :

قَدْ جَاءَكُمْ رَمَضَانُ, شَهْرٌ مُبَارَكٌ, كَتَبَ اللهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ, فِيْهِ تُفْتَحُ أَبْوَابُ الْجَنَّةُ وَتُغْلَقُ فِيْهِ أَبْوَابُ الْجَحِيْمِ وَتُغَلُّ فِيْهِ الشَّيَاطِيْنُ. فِيْهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ. مَنْ ُحُرِمَ خَيْرَهَا فَقَدْ حُرِمَ.

 "Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi . Allah mewajibkan kepadamu Puasa di dalamnya pada bulan ini pintu-pintu Surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup dan para setan diikat, juga terdapat dalam bulan ini malam yang lebih baik dari seribu bulan, barangsiapa yang tidak memperoleh kebaikannya, maka ia tidak memperoleh apa-apa". (HR Ahmad dan An-Nasa'i).

 Di hadits lain nabi saw bersabda :
 مَنْ صَامَ رَمَضَانَ إِيْمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ
" Barang siapa berpuasa ramadhan dengan iman dan mengharap pahala dari Allah, Maka diampuni dosanya yang telah lalu".(muttafaqun alaih).


Membaca AL-Qur'an sangat dianjurkan sebagaimana hadits Rasulullah SAW :
اِقْرَؤُوْا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي  يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيْعًا ِلأَصْحَابِهِ.
"Bacalah Al-Qur'an, sesungguhnya ia datang sebagai pemberi syafaat bagi ahlinya (yaitu, orang yang membaca, mempelajari dan mengamalkannya)". HR. Muslim. 

Kalau ada punya komentar, tambahkanlah sebagai masukan bagi penulis...

No comments:

Post a Comment